logo

Segala sesuatu yang baru pertama kali lo lakukan, biasanya emang bikin efek spesial. Takut, khawatir, ragu, dan perasaan lainnya mungkin banget menghantui lo saat pertama kali melakukan sesuatu. And for those who step in a greater journey in college, one of them is an internship interview!

 

Memasuki dunia baru kayak gini, yang lo butuhkan pertama kali adalah keberanian. Jangan panik, tips lolos interview magang ini bisa lo pegang buat bekal!

 

 

 

1. Show them you’re eager to learn!

 

Semua perusahaan tahu kalau saat ini lo nggak melamar posisi sebagai profesional di tempat mereka. Skill yang keren bisa jadi nilai plus, tapi bukan hal mutlak yang harus lo punya. Justru, ini bisa jadi momen buat menemukan apa yang jadi passion lo dan cari tahu lebih banyak tentang dunia pekerjaan nanti. Kalau belum nemu passion atau skill tertentu, satu hal yang lo bisa tunjukkan sebagai modal adalah kemauan buat belajar.

 

Terbuka buat berbagai pilihan alias fleksibel jadi hal penting juga untuk ditunjukkan. Di awal interview, sikap picky  atau milih-milih kerjaan dan kebanyakan bilang nggak bisa bisa jadi bumerang yang ngurangin nilai lo. Sebaliknya, sebagai salah satu tips lolos interview, sikap yang lo perlu tunjukkan adalah “Yes, I’ll try!”.

 

 

 

2. Latihan dulu!

 

Ngobrol sama senior atau mereka yang udah pernah melalui interview kayak gini perlu banget buat lo lakuin. Seenggaknya, mereka bisa share apa yang pernah dilewatin saat itu dan pertanyaan yang mungkin ditanyakan. Bisa juga, lo jadi tau lebih banyak soal apa yang akan dilakukan dalam pekerjaan nanti. Biasanya sih pertanyaan yang akan ditanyakan kurang lebih soal diri lo. Tapi, bukan nggak mungkin perusahaan tempat lo akan magang ini bertanya soal beberapa hal yang penting dan diperlukan soal dunia kerja, misalnya adalah dasar-dasar pengetahuan untuk membantu lo nanti. Deep research is highly needed!

 

Selanjutnya, yang bisa lo lakukan adalah dengan latihan, baik pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan maupun public speaking. Minta bantuan sama temen atau kakak lo buat jadi interviewer. Selain mengasah jawaban yang lo lakukan, bisa ngelatih juga biar nggak gugup nanti.

 

 

 

3. Tunjukkan antusiasme

 

Di tips lolos interview sebelumnya, lo udah cari tahu lebih dalam tentang dunia kerja yang akan dimasuki dan perusahaan tempat magang nantinya. Kalau sudah tahu lebih banyak, coba deh tunjukkan antusiasme lo saat wawancara. Tunjukkan kalo lo udah cukup banyak tahu tentang perusahaan itu, in a good way. Jangan lupa, penting juga buat nunjukkan seberapa semangat dan ketertarikan lo untuk posisi yang di-apply. Dengan tahu lebih banyak, lo menambah nilai positif karena terlihat beneran “niat”!

 

 

 

4. Gaya lo, modal lo!

 

Modal paling penting dalam tips lolos interview magang adalah keberanian buat nunjukkin style dan diri lo! Udah bukan saatnya terlalu ikut arus dan jadi sama kayak yang lain. Selama itu positif dan memberikan kontribusi baik buat perusahaan yang akan jadi tujuan magang, bukan masalah menunjukkan ciri khas sendiri. Justru, lo akan makin stand out! Jadi, buat apa takut buat nunjukkin warna lo sendiri, kan?

 

Ngerasain gugup sebelum interview magang sih wajar-wajar aja. Coba untuk lebih rileks misalnya dengan tidur cukup dan minum air putih yang banyak, ya! Good luck!

SHARE THIS AWESOMENESS!!