logo

Anak muda doyan begadang? Memang sih, di usia lo yang masih senang berkreasi, 24 jam rasanya nggak cukup. Tapi, kalau alasan dari acara begadang lo karena susah tidur dan bukan sibuk berkarya, rasanya sayang, ya! Nah, penyebab susah tidur sebenernya banyak banget nih, GENERATION-G! Tenang aja, banyak juga cara mengatasi susah tidur yang bisa lo coba, kok! Yuk, simak beberapa caranya berikut!

 

 

1. Hindari Over-eating Saat Makan Malam

 

Makan malam yang tepat, yakni yang dilakukan nggak terlalu larut, dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur, lho! Selain itu, apa yang dikonsumsi sebelum tidur juga sangat berpengaruh buat tubuh lo. Jadi, pastikan lo tidur setelah 3-5 jam sesudah makan malam yang ringan. FYI, makan malam yang terlalu mengenyangkan dapat mengganggu metabolisme dan bikin tubuh lo "sibuk" mencerna makanan tersebut. Belum lagi, kalau makanan yang lo makan bernuansa pedas dan asam. Keduanya bisa menimbulkan GERD (gastroesophageal reflux disease) yang bikin  lo merasa heartburn dan jadi susah tidur. Yuk, atur makanan lo dan cara konsumsinya, ya!

 

 

 

2. Lakukan Yoga dan Meditasi

 

Salah satu langkah paling ampuh yang bisa lo lakukan sebagai cara mengatasi susah tidur adalah dengan melakukan Yoga dan Meditasi. Dua hal itu dapat menghasilkan endorphin yang membawa energi positif yang membuat kita lebih rileks, menghilangkan tekanan, dan stress yang mengganggu pikiran kita. Meditasi dapat dilakukan di pagi hari ataupun menjelang jam tidur. Nggak susah kok buat cari step by step yang harus dilakukan pas meditasi! Tinggal cari aja video-video inspiratif di Youtube dari para yoga expert. Gampang, kan

 

 

 

3. Susu Hangat dan Madu

 

Satu gelas susu hangat dengan madu juga menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif dan natural. Susu mengandung triptofan yang dapat merangsang produksi serotonin yang dapat menjadikan tubuh lebih relax dan nyaman, sehingga lebih mudah untuk membuat kita terlelap, sedangkan madu memiliki kandungan glikogen yang baik untuk liver, yang juga bila dikonsumsi sebelum tidur akan membantu otak mencari sumber energi. Nah, kalau keduanya dikonsumsi bersamaan, akan menjadi cara mengatasi susah tidur yang efektif!

 

 

 

4. Musik Untuk Pikiran Rileks

 

Memutar musik yang relaxing juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur, lho! Yes, ternyata mendengarkan musik bernuansa pelan favorit lo saat mandi atau jam menuju tidur dapat menghilangkan stress dan anxiety. Musik terbukti dapat menimbulkan reaksi psikologis yang bisa mengubah mood dan emosi. Dengan mendengarkan musik yang syahdu, kita dapat terlelap lebih cepat dalam keadaan yang nyaman. Butuh rekomendasi musik syahdu yang enak didengar dan bikin rileks? Coba deh dengerin lagu “Menunggu” dan “Bertemu” dari Mocca x Payung Teduh!

 

 

 

5. Suasana Kamar & Pengaturan Cahaya

 

Yep, suasana kamar dan cahaya juga berpengaruh untuk kenyamanan tidur, lho! Kalau suasana kamar berantakan dan nggak nyaman, akan sulit juga untuk tidur dengan nyenyak dan cepat. Banyak sekali pengaruh penataan kamar terhadap kenyamanan tidur, mulai dari pengaturan cahaya hingga peletakan barang. Pencahayaan terlalu terang dapat menimbulkan perasaan gelisah, tapi pencahayaan yang redup dapat memberi perasaan relax dan membantu mengatasi susah tidur. Cobalah untuk melakukan cara mengatasi susah tidur dengan menata kamar dan menambahkan lilin aromaterapi untuk membawa vibes baru pada ruangan.

 

 

 

6. Go Away, Gadgets

 

Siapa yang sering niat tidur jam 10 malam tapi ternyata masih berkutat dengan gadget sampai jarum jam menunjukan pukul 2 pagi? Yep, walaupun kalian sudah melakukan cara mengatasi susah tidur diatas, semuanya nggak akan bekerja kalau lo nggak jauh-jauh dari gagdets. Banyak peneliti menilai bahwa dampak negatif penggunaan gadget pada kualitas tidur adalah sinar biru atau radiasi yang terpancar dari handphone dapat menekan produksi melatonin dalam tubuh. Akibatnya, rasa mengantuk jadi berkurang. Then you ended up staying all night long!

 

Jadi, jangan lupa ya untuk selalu menerapkan hal-hal tersebut untuk tidur yang lebih cepat dan nyenyak!

SHARE THIS AWESOMENESS!!