logo

Nabung, satu kegiatan yang susah banget buat dikerjain. Sering sih menyiapkan niat cukup panjang dan punya segudang rencana untuk nabung. Sayangnya, ujungnya nabung akan cuma jadi wacana. Padahal, punya tabungan akan sangat berguna, lho! Misalnya, saat band kesukaan lo tiba-tiba bikin konser di Indonesia atau diajak main mendadak ke luar kota.

 

Buat mewujudkan rencana lo punya tabungan, cara berhemat yang tepat perlu lo lakukan. Nggak perlu lagi lama-lama mikir, langsung aja lakukan cara-cara berikut, ya!

 

 

Img source: https://goo.gl/images/uSFdUS

 

1. Discount Hunter!

 

Nggak perlu malu buat jadi discount hunter! Soalnya, lo bukan nunggu gratisan, tapi tetap bayar cuma dengan potongan harga. Jadi, lo akan tetap dapat barang yang sama, tapi dengan harga yang lebih miring. Nggak perlu bayar penuh, lo bisa dapat berbagai benda, misalnya model celana jeans (direct ke artikel model celana jeans) yang lo suka.

 

Ngomongin soal potongan harga ini, perhatikan brand-brand barang favorit lo di media sosial. Soalnya, para brand suka kasih info soal diskon yang mereka lakukan di media sosial. Selain itu, perhatikan juga berbagai merchant yang kerja sama dengan berbagai komunitas. Ada lho, beberapa art shop yang kerja sama dan kasih haga khusus buat member museum tertentu. Belum lagi, diskon-diskon buat lo yang masih punya kartu pelajar.

 

 

Img source: https://goo.gl/images/gzy9aP

 

2. Bawa dari rumah

 

Ini saatnya botol minum dan tempat makan di rumah mulai diberdayakan alias dipakai. Coba deh mulai hitung pengeluaran harian lo untuk beli makanan dan air minum kemasan. Kalau dikumpulkan dalam sebulan, pasti jumlahnya cukup besar, kan? Daripada terbuang untuk hal yang sebenarnya bisa lo persiapkan sebelumnya, coba deh cara berhemat dengan bawa air atau makanan dari rumah untuk ngurangin pengeluaran.

 

 

Img souce: https://goo.gl/images/sku4ty

 

3. Sisihkan di awal

 

Nggak perlu nunggu semua uang lo terkumpul buat nabung dan mikirin cara berhemat. Tiap kali nerima uang, langsung aja ditabung sebagian dari uang lo itu. Lo punya kebebasan buat tentukan sendiri nominalnya. Kalau nggak bisa nabung dalam jumlah besar atau pas lagi banyak keperluan, minimal 10% dari pendapatan lo ditabung. Cara berhemat yang satu ini penting banget, sebab saat lo baru menyisihkan di akhir bulan, pasti udah terpakai duluan, kan?

 

 

Img souce: https://unsplash.com/photos/ZHhvHaAj9C4

 

4. Simpan uang dengan nominal tertentu

 

Trik lainnya yang bisa lo lakukan sebagai salah satu cara berhemat bisa dengan menyisihkan sejumlah nominal tertentu. Caranya, lo bisa pilih salah satu nominal uang untuk disimpan. Lalu, tiap kali lo mendapatkan nominal itu, harus disimpan dan nggak boleh digunakan! Misalnya, lo memilih nominal Rp10.000,- untuk ditabung. Tiap kali dapat uang nominal Rp10.000,- dari kembalian belanja atau teman yang bayar utang, langsung aja disimpan dan nggak boleh dipakai. Biar nggak kaget-kaget banget, coba lakukan dari nominal yang cukup kecil. Setelah pendapatan lo bertambah, jumlah nominalnya juga bisa lo tambah.

 

 

Img souce: https://goo.gl/images/zr9dQ9

 

5. Gunakan lebih dari satu tabungan

 

Terbiasa mencampur tabungan untuk berbagai keperluan dan simpanan khusus lo? Kini saatnya lo mencoba cara berhemat baru yang lebih ampuh buat kendaliin pengeluaran. Salah satunya adalah dengan pakai lebih dari satu tabungan untuk menyimpan keperluan-keperluan tertentu. Pengen beli handphone baru dalam waktu dekat? Bikin tabungan sendiri. Pengen simpan uang untuk traveling? Pisahkan juga tabungannya. Dengan memisahkan semuanya, lo jadi lebih terkontrol dan tahu prioritas. Jangan lupa, pastiin juga lo punya satu tabungan yang khusus untuk untuk disimpan dan nggak boleh diganggu gugat!

 

 

Img souce: https://goo.gl/images/jXbfcw

 

6. Install budget tracking apps atau e-banking

 

Untungnya, saat ini perkembangan teknologi juga udah berubah dan berusaha untuk bikin hidup termasuk cara berhemat jadi lebih mudah. Adanya budget tracking apps misalnya, bisa bantu lo untuk ngecek pengeluaran yang dilakukan dalam jangka waktu terentu. Jadi, nggak ada tuh ceritanya lo bingung ke manakah pundi-pundi dalam tabungan menghilang.

 

Selain itu, e-banking saat ini juga makin canggih. Bukan cuma bisa tarik tunai tanpa kartu atau transfer kapan aja. Kemudahan lainnya bisa lo lihat dengan munculnya tabungan-tabungan virtual yang bisa lo atur dengan beberapa tambahan rules sendiri, misalnya jumlah pengeluaran harian. Cara berhemat yang canggih, kan?

 

Nggak perlu pikir panjang buat simpan uang. Nantinya, lo di masa depan akan lebih berterima kasih sama diri sendiri di masa sekarang karena udah melakukan berbagai cara berhemat dan nabung sebanyak-banyaknya. Inget, tabungan yang banyak bisa makin bikin lo live life to the fullest!

SHARE THIS AWESOMENESS!!